Cuban Talun Camp 2005

· G7
Authors

Himgae Outbond Training (HOT) 2005, itulah nama resminya. Sekitar bulan September 2005, setelah kita MABA 2005 selesai menjalankan PETA (Pengkaderan Tahap Awal) maka tahap selanjutnya adalah mengikuti camp di Cuban Talun 2005. Peserta Camp dibagi menjadi 7 kelompok yaitu Kucing, Kutu, Monyet dan yang lainya lupa. (entahlah kenapa nama kelompok dinamai hewan sama senior). Mungkin ada anggota G7 yang ingat????

Sejak jumat pagi kami semua sudah mempersiapkan semua kebutuhan camp mulai dari tenda, parang, kayu bakar sampai menggunduli kepala bagi 1cm bagi yang laki-laki. Ada kejadian dimana dua orang yaitu Bagus dan pristy teman kami mengalami kecelakaan ringan saat mempersiapkan perlengkapan camp ini.

Setelah jumatan, sebelum berangkat ke jurusan kami semua kumpul didepan masjid Manarul Ilmi ITS untuk mengecek perlengkapan camp kami. Jangan sampai kekurangan perlengkapan akan menjadi “santapan” senior. hehe. Pada pukul 2 siang akhirnya kami semua datang dijurusan. Setelah itu, ada pengecekan kelengkapan atribut dan perlengkapan dari senior.

 Berangkat ke Cuban Talun naik Truk Marinir

Setelah Sholat Maghrib, kami semua naik truk marinir untuk diangkut ke Cuban Talun. Sekitar jam 9 malam akhirnya sampai juga di Cuban Talun disambut dengan hawa dingin yang menusuk tulang. Kami makan malam dengan menu nasi goreng. Katanya sih menu andalan saat penyambutan camp. Setelah makan, dengan mata tertutup slayer kami akhirnya digiring ke camp konsentrasi (lebay) acara welcome party camp. Sambil merangkak dan jongkok kami digiring kesana diiringi suara “lembut” dan “sentuhan” kearah kami.Adayang berteriak hati-hati disamping kalian jurang. Mana kita tau lha wong mata kita ditutup. Disitu juga kita disuruh mencium tanah alasanya katanya cinta tanah air.Adakejadian lucu diantaranya salah culik. Sebelum merangkak dan jongkok semua maba yang mempunyai penyakit jantung dan habis kecelakaan akan diamankan terlebih dahulu. Rupanya di angkatan kami ada dua orang yang bernama Bagus. Bagus Prio Utomo (BP) dan Bagus sulistiarto (KADES). Panitia sebenarnya ingin mengamankan BP karena habis kecelakaan tapi yang diculik Kades. Bulus benar sikades ini, ketika ditanyai kamu sakit ya kades menjawab “capek surveyor”. Akhirnya dia tidak mengikuti prosesi welcome party.

Welcome party camp

Cinta tanah air

Acara selanjutnya adalah Rally Malam. Setiap kelompok akan menyusuri rute yang ditentukan panitia dan harus melewati beberapa pos (kalau gak salah 4 atau 5). Pos 1 kalau gak salah pos pengembangan diri. Di Pos 1 isinya “sentuhan” , push up dll. Di pos 1 ini salah satu anggota kelompok saya (sebut saja Tomo, bukan nama sebenarnya)  linglung seperti orang bingung ketika di treatment oleh kakak kelas. Padahal sebelum berangkat sudah di briefing oleh salah satu teman seangkatan tentang kesiapan mengikuti camp (PissMo, haha).

Pos 2. Pos ini adalah pos Hakekat Manusia. Di pos ini maba diajarkan untuk menjadi manusia yang mempunyai akal tidak seperti binatang. Kelihatanya sih menarik tapi isinya jangan dibayangkan seperti penyuluhan di RW. Pos 3 Leadership, di pos ini setiap kelompok diuji tentang kepemimpinanya terhadap anggota kelompok yang lain. Pos 4, KeHIMAGE-an, pos ini berisi tentang pengenalan HIMAGE.

Sabtu Pagi setelah Rally adalah acara outbond, permaianan dan adu yel antar kelompok. Pada acara adu yel antar kelompok ini setiap kelompok diadu tatap muka. Pemenang adu yel ini adalah kelompok Kucing (siapa dulu ketuanya, wkwkwkw). Acara sore adalah evaluasi. Evaluasi ini meruapakan penialaian terhadap angkatan kami selama mengikuti PETA dan Camp.

Beberapa orang dari teman kami yang pernah tidak masuk PETA akhirnya di tawan disusruh mempertanggungjawabkannya. Hasil Pertanggung jawabanya adalah pada malam harinya kita harus mengadakan acara semacam api unggun dan pagelaran seni. Pada acara ini hampir setiap maba harus menunjukkan potensi dirinya.Adayang menyanyi, melawak, dan ada yang pidato bahasa arab. Selesai acara kita semua akhirnya tidur di tenda secukupnya (keruntelan).

Malam “kreasi”

Pada jam 3 dinihari, ketika sedang asyik2nya tidur. Tenda kami dirubuhkan dan kita semua dikumpulkan di lapangan. Hawa pagi Cuban Talun seakan-akan menusuk tulang kami hingga bergidik karena tanpa jaket dan alas kaki. Untuk mengurangi kedinginan akhirnya kita disuruh push-up. Pada acara dini hari itu ada kejadian tidak mengenakkan dimana KOMTING kami melakukan sujud kepada salah seorang senior. Padahal sudah dicegah oleh teman-teman. Sampai-sampai “gadis portal” saja memaki komting kita (hahaha). Setelah kejadian itu komting kita jadi orang yang mellow sangat sensitive sampai beberapa tahun. Sebelum akhirnya ikutan gila bersama teman-teman yang lain (wkwkwk, afwan mas Putra).

Minggu dini hari

Minggu pagi hari. Kegiatan berikutnya adalah Rally air. Diacara rally air ini, setiap peserta menyusuri sungai kecil yang dingin. Setiap peserta harus melewati pos-pos tiap angkatan. Disana ada yang menasehati dan ada yang sekedar mengerjai maba. Ada yang disuruh cuci rambut pakai Lumpur layaknya Rambo dsb. Ada kejadian menarik dimana salah seorang teman kami ada yang sampai ngompol di air. Kasihan peserta yang dibelakangnya (hehehe).

Rambo di Cuban Talun

Rally air

Setelah acara Rally air selesai, akhirnya acara camp pun ditutup oleh KAHIMA. Dalam kata akhir sambutanya Kahima berkata “silakan maba Putra maju kedepan”, spontan seluruh maba laki-laki maju kedepan padahal yang dimaksud adalah komting kami yang bernama Putra. Akhirnya kami diangkut kembali kekotapahlawan yang “dingin”.

Camp merupakankenangan tersendiri bagi kami anggota G7. Sangat menarik untuk diingat dan diceritakan kembali tentang kekonyolannya. Kadang ketika kami lagi kumpul-kumpul diSurabaya ataupun diJakartamengingat kejadian itu. Sekarang anggota G7 sudah berpencar ke penjuru tanah air. Ada yang jadi mafia tanah, mafia proyek, tukang parkir, pembabat hutan, penjaga hutan, peneliti, pengusaha dll.

Untuk lebih mengenal lebih dekat profil anggota G7 bisa lihat di http://g7angkatanceria2005.wordpress.com/

Miss you G7, sampai jumpa di KPK. *noh

*Laut Jawa, desember 2011

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: