Tiga Hari di Negeri Singa

· Travelling
Authors

Lagi-lagi perjalanan ini merupakan perjalanan yang tidak terencanakan. Hanya secara spontan. Ketika itu saya berkunjung ke kos Muhtadi teman satu desa dan satu almamater di ITS. Teman saya ini mau diutus perusahaanya perjalanan dinas ke Singapura. Saya diajak oleh teman saya dengan syarat transportasi ditanggung sendiri tetapi akomodasi dan makan ditanggunya karena dapat biaya dari kantornya.

Dengan memilih tiket Pulang-Pergi yang paling murah saya akhirnya pergi ke Singapura. Dibilang murah karena tiket ini lebih mahal dari tiket Jakarta-Surabaya. Setelah cek imigrasi sampai dibandara Changi Singapura kami melanjutkan perjalanan ke Hotel. Bandara Changi merupakan bandara sibuk dengan banyak rute penerbangan ke seluruh dunia. Walaupun sibuk-sibuknya bandara Changi tapi masih terlihat teratur dan sepi. Tidak seramai Soetta yang seperti pasar. Dibandara ini tersedia sky train yang menghubungkan antar terminal. Antrian Taxi pun teratur, kita tinggal peasan saja. Tidak lupa kami juga mengunjungi tourism board di Changi. Kita bisa ambil Peta, dan buku informasi wisata disini. Jangan Lupa untuk menukarkan uang ke mata uang singapura (SGD) terlebih dahulu.

           Suasana MRT Station Singapura

Kereta bawah tanah yang menghubungkan daerah-daerah di Singapura

Akhirnya kami tiba juga dihotel dikawasan Bugis street. Setelah melepas lelah sejenak dikamar hotel. Kami memutuskan untuk jalan-jalan ke merlion park. Tempat patung Singa ikon Singapura. Dari hotel kami jalan sekitar 1km kearah MRT stasiun. MRT merupakan kereta api bawah tanah andalan Singapura dengan kecepatan dan ketepatan waktunya. Tarif naik MRT tergantung jauh dekat rute yang dituju. Tarif minimal 2 SGD. Merlion Park terletak dikawasan marina bay kawasan pusatkotaSingapura. Disini terdapat patung Singa, Gedung durian dan Hotel yang berbentuk papan selancar. Jalanan dikawasan ini juga tiap tahun diadakan Formula 1 night race. Di sini kita berfoto di depan patung singa dan background pemandangan disekelilingnya. Karena pada waktu itu bulan ramadhan, maka kami pun berbuka disekitarsana. Sangat sulit mencari nasi disini maklum perut Indonesia belum kenyang jika belum kena nasi. Setelah itu kami pun kembali ke hotel untuk istirahat.

Suasana petang di depan Marina Bay Hotel

Suasana disekitar Marina Bay

 Hari berikutnya kami melanjutkan jalan-jalan di singapura. Tujuanya dalah kawasanOrchad Road. Dengan naik Taxi akhirnya kita pun sampai kesana. Disini pusat tempat perbelanjaan. Elektronik dan busana dengan merk-merk terkenal seperti Gucci, Luis vuitton, Dolce & Gabanna semua ada disini. Tempat yang kami tuju disini adalah pusat kuliner. Yang kami tuj disini adalah makananpadang. Maklum sudah beberapa hari tidak tersentuh nasi (hehe). Setelah makan, kami pun jalan-jalan menyusuri kawasan orchad ini. Sekedar membeli oleh-oleh seperti Cokelat dan baju. Setelah puas jalan-jalan akhirnya kita pun memutuskan pergi ke Bugis, tempat pusat oleh-oleh murah disingapura. Disini kami membeli souvenir mulai dari gantungan kunci, korek api dan kaos oblong. Penduduk Singapura  70% berasal dari ras Cina. Ketika kami mengunjungi Pasar Bugis tidak sengaja kami mendengar suara logat suroboyoan khas Cina Surabaya. Tampang bolehlah sipit tapi logat masih kental medoknya, wkwkw. “aku mau tuku gantungan kunci ndek kono”. Ternyata benar setelah saya tanyai mereka berasal dari Suroboyo di kawasan Galaxi.

Kawasan perbelanjaan lengkap Orchad Road

Keesokan harinya, setelah jalan-jalan disekitar hotel. Kami balik balik ke bandara Changi dan pulang lagi ke tanah air.

Kesimpulan yang saya dapat dari perjalanan saya ini adalah Tiket ke Singapura sangatlah murah. Tapi tidak untuk biaya hidup disana. Biaya hidup disini sangatlah mahal. Satu Aqua botol 1500cc kalo di Jakarta harganya Rp.5000 di sana harganya sekitar Rp. 15000. Begitu juga dengan harga makanan yang lain. Bersyukurlah kita yang hidup di Indonesia yang masih terjangkau dengan SDA yang ada.

 

 

*Laut Jawa, Desember 2011

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: